5 Masalah yang Buat Kecepatan Internet Menurun

Keberadaan internet saat ini seolah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Tiada hari bagi kamuuntuk tidak mengakses internet. Meski begitu, internet juga terkadang kerap mengalami gangguan di antaranya adalah penurunan kecepatannya karena beberapa hal. Apa saja penyebab tersebut dan kapan seharusnya kamu melakukan cek kecepatan internet? Berikut ulasannya.

 

 

Area yang buruk

Faktor pertama yang membuat kecepatan internetmu menurun bisa jadi karena berada di area yang buruk. Meskipun tampilan gambar sinyal maupun wirelessdi gadgetnampak baik-baik saja, hal tersebut bukan berarti jaringan internet lancar. Kamu tentu pernah mengalami kesulitan walaupun untuk sekadar membalaschat. Ini bisa terjadi karena kamu berada di tempat atau area yang memiliki jaringan sinyal yang buruk.

Jika kamu menggunakan sistem operasi Android, cara untuk cek kecepatan internet adalah dengan masuk ke jaringan ponsel ke menu setting. Di sana akan nampak kekuatan sinyal internet mulai dari -50dBm hingga -120 dB. Bila angka menunjukkan dekat dengan -50dBm ini berarti kekuatan sinyal tersebut cukup baik.

Posisi router yang tidak tepat

Kedua, bila kamu menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah, faktor yang membuat kecepatan internet menurun kemungkinan disebabkan oleh dua hal. Faktor pertama ialah posisi routeryang tidak tepat. Routeryang berada di tempat yang kurang strategis bisa jadi penyebab koneksi internet melemah.  Keberadaan benda-benda besar seperti kulkas dapat mempengaruhi kualitas internetnya.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk memindahkan posisi routerke tempat yang lebih luas dan lega agar sinyal internetnya lebih baik. Faktor kedua ialah, mungkin routeryang kamu gunakan sudah bisa dibilang jadul. Mengingat setiap routermemiliki standar usianya. Cek kecepatan internetmu dengan memeriksa router pula, apakah sudah waktunya untuk menggantinya yang baru atau tidak.

Gangguan dari peranti lain

Kecepatan internet yang menurun faktor ketiganya dikarenakan adanya gangguan dari peranti lainnya. Mungkin kamu belum menyadari bila benda elektronik dirumah dapat mempengaruhi kecepatan internet. Contohnya saja perangkat seperti bluetooth, gadgetmaupunmicrowave. Peranti tersebut bisa saja menghalangi frekuensi gerak routeryang berkisar pada 2,4 GHz. 

Selain itu, bila kamu tinggal di dekat apartemen dan pusat perkantoran maka besar kemungkinan berpotensi terganggu jaringan wirelesssekitarnya. Solusinya, kamu bisa mematikan Wi-Fi lalu menyalakan kembali untuk mendapatkan kecepatan sinyal yang stabil.

Berada di tempat ramai

Penyebab keempat yang membuat kecepatan internetmu menurun ialah berada di tempat yang ramai. Tidak jarang tempat seperti venuekonser, pameran dan keramaian lainnya membuat lalu lintas jaringan sangat padat yang ditujukan ke satu menara, pada akhirnya inilah yang membuat ‘kemacetan’ jaringan internet.

Maka kamu pun perlu melakukan cek kecepatan internet secara berkala di tempat penuh keramaian ini. Bila dirasa masih melambat, solusinya ialah kamu perlu mencari tempat terbuka yang lebih luas di area sekitar keramaian tersebut.

 

 

Gangguan pada provider internet

Terakhir, masalah yang bisa membuat akses atau jaringan internetmu menurun adalah gangguan dari provider internet itu sendiri. Provider internet memiliki kapasitas tersendiri dalam menyediakan produk internet mereka kepada masyarakat. Ketika melebihi kapasitas maka jaringan internet pun menjadi lambat.

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir lagi pada gangguan provider internet ini. Dengan catatan, kamu menggunakan provider yang mumpuni dan memiliki kualitas terbaik salah satunya ialah dari Gig Indosat. Ada beberapa paket internet yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan tinggi.

Jadi, sudah tahu kan kini penyebab menurunnya jaringan internet di gadgetmu? Untuk itu selalu lakukan cek kecepatan internet sesering mungkin dan gunakan paket internet terbaik untuk mendukung kebutuhanmu.

 

Meta Desc: Kecepatan internet yang menurun dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apa sajakah faktor tersebut dan mengatasinya?

Meta Keyword: Internet, kecepatan internet, jaringan internet