Sambungan wifi yang lemot memang sangat menjengkelkan. Browsing menjadi tidak lancar, main game terganggu, download jadi gagal, dan bawaannya ingin marah saja. Tapi tenang dulu, selalu ada cara mengatasi wifi lemot supaya koneksi jadi lebih lancar. Simak langkahnya di bawah ini!

Ubah pengaturan bandwidth

Cara mengatasi wifi lemot bisa dengan mengatur setting bandwidth-nya. Sebelumnya, pastikan bahwa modem kamu sudah on. Tunggu dalam 20 menit. Jika tidak ada yang berubah dan koneksi masih saja seperti siput, maka kamu bisa melangkah ke pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar agar jaringan internet lebih lancar.

Begini caranya:

Cari menu Run pada Windows à  ketik gpedit.msc à klik konfigurasi komputer à template administrasi à jaringan à QoS packed scheduler à double klik limit reservable bandwidth à pilih enable à ganti bandwidth limit à restart komputer.


Pakai WiFi switcher

Download WiFi Switcher di Google Play Store. Pilih aplikasi switcher yang dikelola oleh Cloudie Development. Setelah instalasi aplikasi di smarthphone selesai, klik Izinkan pada notifikasi yang muncul. Izin ini dibutuhkan supaya WiFi Switcher berfungsi. Buka aplikasi dan pilih menu yang ada agar koneksi wifi stabil kembali.


Ubah pengaturan DNS komputer

DNS merupakan menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan TCP atau IP. Mengubah setting DNS akan memperbaiki koneksi internet kamu. Ubah DNS komputer melalui DNS Google. Bila setelah pengaturan berubah konek internet tetap lambat, lakukan reset jaringan dan flushing.  Caranya, klik kanan à pilih menu Run Administrator à ketik flushdns à tekan enter, lalu akses internet beberapa kali.


Pilih provider yang terkenal

Cara mengatasi wifi lemot bisa juga dengan pemilihan provider yang terkenal dan banyak digunakan. Cari provider dengan jaringan internet yang kuat dan harga kuota yang cukup terjangkau. Terkadang, kamu harus membayar sedikit lebih malah untuk provider yang memang sudah terbukti bagus. Sesuaikan juga dengan lokasi kamu berada. Terkadang, tidak semua provider memiliki jaringan yang kuat di seluruh daerah.

(Baca juga: Serba-serbi Modem Internet yang Perlu Diketahui)

Pindah ke tempat yang sepi

Kalau kamu kebetulan sedang di luar rumah dan menggunakan koneksi internet umum, jumlah pengguna bisa berpengaruh pada kuat tidaknya sinyal wifi. Jika memang membutuhkan koneksi internet umum, pilihlah area yang sepi. Semakin sepi area yang kamu pilih untuk bisa tersambung ke internet, semakin cepat koneksi kamu.


Periksa posisi antena router

Siapa yang menyangka jika kecepatan koneksi internet juga dipengaruhi oleh posisi antenanya? Antena router yang miring ke kanan atau ke kiri, lebih sulit menangkap dan menyalurkan sinyal ke perangkat yang tersambung, daripada antena router yang ada pada posisi tegak. Pastikan juga tidak ada kabel yang putus atau sobek pada pelindungnya. Hal ini tentu akan melemahkan sinyal internet, selain membahayakan pengguna ketika menyentuhnya.


Atur channel frekuensi router

Setelah memastikan bahwa antena router kamu ada di posisi yang tepat, mengubah pengaturan channel router adalah hal berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi wifi lemot.

Masuk ke pengaturan channel router (bisa dilihat pada buku panduan atau bagian bawah perangkat router) dan ubahlah channel frekuensi router pada 1, 6, dan 11. Channel ini biasanya cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai orang lain.

Nah, apakah sudah paham dengan cara mengatasi wifi lemot yang sudah dijelaskan di atas? Untuk menghindari internet yang lemot, kamu juga bisa menggunakan layanan GIG dari Indosat Ooredoo dengan kenyamanan akses internet tanpa batas. Streaming, download, dan bermain game lebih mudah dengan GIG by Indosat.