Bagaimana Cara Mengetahui IP Address Wifi Router?

IP Address wifi router merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah koneksi internet dan perangkatnya. Secara umum bisa diartikan sebagai baris angka biner yang digunakan sebagai identitas hosting dalam jaringan internet. IP Address wifi router sendiri memiliki banyak fungsi.

Untuk penggunaan wifi, adanya IP Address tersebut biasa digunakan untuk mengganti password wifi. Sebelum mengganti tersebut, kamu tentu harus mengetahui berapa IP Addressnya. IP Address ini umumnya berupa angka dengan kode tertentu yang sudah dirancang sebelumnya. Angka tersebut terdiri dari enam angka seperti 192.168.

Kamu bisa melihatnya pada bagian bawah casing router itu sendiri. Akan tetapi ada cara lain untuk mengetaui IP Address wifi router. Di antaranya adalah melalui jaringan yang ada dalam jaringan sebuah komputer. Cara ini cukup mudah dilakukan melalui Command prompt maupun melalui detail jaringan di dalam PC. Bagaimana langkahnya? Berikut ulasannya dari masing-masing cara tersebut.

Cari tahu lewat Comamnd Prompt

Cara mengetahui IP Address wifi router pertama bisa kamu lakukan melalui Command Prompt. Sebenarnya cara ini adalah yang paling sederhana dan kamu bisa mendapatkan rincian mengenai IP Address yang dicari tersebut. Beberapa langkah yang perlu kamu lakukan antara lain adalah dengan menekan tombol Windows + R pada papan ketik di laptop atau PC. Dari situlah kemudian program ‘Run’ akan terbuka.

Setelah program terbuka kamu bisa memasukkan ‘cmd’ pada bidang yang kosong tersebut kemudian lanjutkan dengan mengklik ‘OK’. Tidak lama setelah itu, kamu akan melihat program dengan layar berlatar belakang warna hitam. Inilah yang dinamakan dengan Command Prompt.

Langkah berikutnya setelah muncul Command Prompt, kamu bisa mengetikan ‘ipconfig’ dan dilanjutkan dengan menekan tombol ‘Enter’. Tunggulah beberapa saat dan kamu bisa melihat parameter yang berbeda-beda pada windows yang sam. Sementara itu, IP Address yang kamu cari tersebut ada pada bagian ‘Default Gateway’. Langkah selanjutnya kemudian masukkan IP Address di search bar browser.

(Baca juga: 7 Cara Ampuh untuk Mengatasi Koneksi Wifi yang Lemot)

Detail jaringan dalam PC

Berikutnya ada alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan ketika ingin mengetahui IP Address wifi router. Yakni melalui jaringan PC yang ada, namun sebelum menggunakan cara ini kamu sudah terhubung ke jaringan internet, wifi, maupun ethernet. Cara seperti ini bisa kamu pilih apabila kamu tidak biasa menggunakan Command Prompt.

Langkah pertama kamu bisa masuk ke system tray. Lalu klik ‘Bar’ atau ‘Minotor yang muncul pada layar. Setelah itu kamu bisa klik ‘Open Network and Sharing Center’. Windows baru pun akan kembali muncul dan kamu bisa klik pada link berwarna biru yang ada di sebelah ‘Connection’. Mengenai nama link sendiri biasanya tergantung pada koneksi yang ada dalam jaringan PC kamu. Contohnya saja adalah ‘Local Area Connection 8’. Di windows atau jendela baru kemudian klik ‘Details’ dan kamu akan melihat jaringan dan mengetahui IP Address pada wifi router yang berada di sebelah ‘Default Gateway’.

Itulah beberapa cara mengetahui IP Address wifi router yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengetahuinya? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa, untuk akses internet dan wifi dengan kecepatan dan layanan terbaik, kamu bisa menggunakan GIG. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur dan layanan dari GIG ini kamu bisa klik di sini.