Begini Tips Mengatasi Tanda Silang Merah pada Wi-Fi Laptop

Saat sedang bekerja dengan menggunakan internet, kamu pasti sering menemukan tanda silang merah pada wifi laptop. Hal ini tentu sangat mengganggu pekerjaan untuk segera selesai tepat waktu. Namun tak perlu khawatir, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi tanda silang merah pada wifi laptop. Berikut di antaranya!

Periksa jaringan wifi

Terkadang, tanpa disadari tanda silang merah pada wifi laptop diakibatkan oleh sambungan wireless yang tidak stabil atau adanya gangguan. Jika kamu menemukan tanda silang ini maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah cek koneksi internet pada wifi. Apakah indikator sambungan internet menyala? Jika indikator sambungan tidak menyala, bisa jadi memang terjadi gangguan sehingga menyebabkan tanda silang merah dan kamu tidak terhubung ke internet. 

Penyebab kedua yang memungkinkan munculnya tanda silang merah pada wifi laptop adalah lokasimu yang jauh dari sambungan wifi. Jika lokasimu jauh dari wifi diletakkan, sudah pasti sinyalnya tidak akan menjangkau laptopmu. Oleh sebab itu, kamu bisa pindah ke area yang terjangkau sinyal, atau memilih sambungan wifi lain yang paling dekat. 

Pastikan wifi laptop dalam keadaan on 

Tanda silang merah pada wifi laptop juga bisa diakibatkan oleh sambungan yang terputus. Wifi laptop terkadang mati atau off dengan sendirinya, yang menyebabkannya tidak terhubung ke internet. 

Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Yang pertama jika Windows laptopmu versi 7, tekan tombol Windows pada keyboard + X, lalu pilih Turn Wireless On. Yang kedua jika Windows-mu versi 8, tekan tombol Windows + X, lalu pilih Mobility Center dan Turn Wireless On. Ynag ketiga jika kamu menggunakan Windows versi lain, tekan FN + logo wireless di keyboard.

Restart laptop 

Beberapa sistem operasi tak jarang melakukan update saat sedang digunakan untuk bekerja. Update ini juga seringnya mengganggu koneksi wifi dan menyebabkan kegagalan koneksi. Terlebih jika laptop belum pernah di-restart atau dimatikan. Olehsebab itu, kamu bisa coba untuk berhenti sejenak dari pekerjaan yang dilakukan, tutup semua tab di laptop dan lakukan restart. 

Install driver wifi 

Penyebab kegagalan koneksi internet pada laptop juga bisa disebabkan belum ada driver wifi yang ter-install pada laptop kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan hal berikut:

Ketikkan Device Manager pada kolom Search di menu Start

  • setelah muncul, klik Device Manager dan klik dua kali pada pilihan Network Adapters
  • kemudian pilih Wireless Network Adapter yang mana jika kondisinya disable akan muncul panah hitam ke bawah. Untuk mengaktifkannya, kamu klik tombol dengan ikon gambar panah atas hijau yang ada di bawah toolbarmenu utama
  • bisa juga dengan klik dua kali Wireless Network Adapter àEnable Device àNext àFinish
  • ketika gambar panah hitam ke bawah sudah hilang, kamu bisa coba sambungkan kembali wifi ke jaringan yang tersedia. 

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan munculnya tanda silang merah pada wifi laptop. Namun yang paling sering terjadi adalah karena sambungan yang dipilih tidak memiliki koneksi yang stabil sehingga mengakibatkan kegagalan jaringan. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu gunakan GIG by Indosat Ooredoo dengan jaringan luas dan cepat yang memudahkanmu terhubung dengan internet. Dengan GIG Indosat Ooredoo browsing jadi lebih lancar dan nonton film lebih minim buffering. Coba sekarang juga, ya!