Buat kamu yang hobi berselancar di dunia maya tentu sudah tidak asing dengan teknologi WiFi. Dengan memanfaatkan WiFi, kamu tidak perlu tergantung lagi pada pulsa dan paket data lagi. Salain itu WiFi juga lebih praktis karena kamu tidak perlu lagi menggunakan kabel Ethernet untuk bisa tersambung dengan perangkat router yang akan menghubungkanmu dengan jaringan internet.

Agar perangkat WiFi milikmu menyediakan konektivitas internet yang aman, kamu perlu melindunginya dengan password. Penggunaan password juga akan membantumu dari risiko jaringan WiFi digunakan orang yang tidak dikenal. Untuk itu, selain memasang password pada WiFi kamu juga harus rutin menggantinya. Caranya mudah, kamu bahkan bisa menggunakan handphone. Berikut ini cara mengganti password WiFi lewat HP.

Lakukan konfigurasi router

Langkah pertama mengganti password WiFi lewat HP adalah dengan melakukan konfigurasi router. Kamu mungkin terbiasa melakukan konfigurasi ini melalui browser yang ada pada personal computer (PC). Namun sebenarnya langkah ini bisa dilakukan melalui handphone. Langkahnya sama, kamu cukup mengakses browser dan membuka halaman konfigurasi router.

Sebelumnya pastikan kamu telah terhubung dengan jaringan internet WiFi milikmu. Umunya alamat standar untuk halaman konfigurasi routeradalah 192.168.0.1, 192.168.1.1, dan 192.168.2.1. Jika kamu menggunakan router Apple AirPort Express, halaman konfigurasi router bisa dibuka dengan mengetik 10.0.1.1 pada kolom alamat browser. Untuk routerXfinity halaman konfigurasinya adalah 10.0.0.1 untuk routerXfinity.

Log-in dengan username dan password

Setelah berhasil mengakses halaman konfigurasi routerWiFi, kamu akan diarahkan untuk mengisi usernamedan password. Jika kamu tidak pernah melakukan penggantian, biasanya usernameakan disetel default dengan nama “admin”. Sedangkan untuk kata kuncinya bisa diisi dengan “password” atau “admin”. Setiap router memiliki pengaturan tersendiri untuk ini, jadi pastikan kamu sudah mengetahui informasi yang bisa digunakan untuk log-in.

Namun,jika kamu sudah pernah melakukan perubahan pada informasi log-in dan lupa dengan informasi tersebut tidak perlu panik. Kamu bisa melakukan reset pada router. Caranya adalah dengan menekan tombol reset pada perangkat router. Tahan selama 30 detik maka pengaturan konfigurasi akan kembali menjadi default, termasuk informasi untuk log-in

Masuk ke opsi wireless

Setelah masuk ke halaman konfigurasi router, kamu bisa melanjutkan dengan membuka opsi “Wireless”. Beberapa perangkat mungkin akan menampilkan nama yang berbeda seperti “Wireless Setup” atau “Wireless Setting”, Di dalam halaman “Wireless” kamu akan menemukan opsi “Security”. Nah, kamu bisa mengganti passwordWiFi melalui sub-menu tersebut. 

Mengubah kata sandi

Setelah masuk ke sub-menu “Security” kamu akan menemukan opsi untuk mengubah password. Beberapa model perangkat mungkin menggunakan istilah seperti "Shared Key" atau "Passphrase". Di sini kamu bisa memasukkan password baru yang diinginkan. Kamu mungkin akan diminta untuk mengetikkan password baru sebanyak dua kali sebagai konfirmasi. 

Agar keamanan jaringan internetmu tetap terjaga, sebaiknya password WiFi diganti menjadi lebih sulit untuk ditebak. Dalam membuat password WiFi, kamu disarankan untuk memadukan huruf, angka, dan karakter khusus. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil. Usahakan password buatanmu tidak mengandung informasi yang mudah ditebak orang, seperti tanggal lahir.

Sekarang kamu sudah mengetahui cara mengganti passwordWiFi melalui HP. Setelah mengganti password, jangan lupa menyimpan perubahan tersebut. Perlu diingat juga, perangkat yang sebelumnya terhubung dengan WiFi akan terputus setelah kamu mengganti password. Untuk itu, kamu perlu memasukkanpassword baru agar bisa tetap terhubung.