Cara Mengganti Password WiFi dengan Mudah

WiFi merupakan teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan konektivitas jaringan. Koneksi WiFi dibuat menggunakan adaptor nirkabel untuk membuat hotspot - area di sekitar router nirkabel yang terhubung ke jaringan dan memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan internet. Banyak orang menggunakan WiFi karena kemudahan pemakaian hingga harganya yang kini cukup terjangkau.

Untuk menggunakan WiFi, seseorang harus terhubung ke jaringan WiFi setelah sebelumnya menggunakan password. Password berfungsi menjaga jaringan WiFi Anda untuk tidak sembarangan digunakan oleh orang lain. Tentu. Nah, oleh karena itu Anda tidak hanya perlu memasang password, namun juga secara reguler menggantinya (jika perlu) agar WiFi Anda terlindungi. Bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

Buka halaman konfigurasi router

Halaman konfigurasi router dapat diakses melalui browser web di komputer yang terhubung ke jaringan. Jika Anda tidak bisa terhubung melalui Wi-Fi karena lupa password, Anda bisa menggunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer langsung ke router. Sebagai informasi, alamat router standar adalah 192.168.1.1, 192.168.0.1, 192.168.2.1, atau 10.0.1.1 (untuk Apple) atau 10.0.0.1 (untuk Xfinity). Masukkan alamat tersebut ke bilah alamat browser Anda.

Masukkan nama pengguna dan password router Anda

Setiap router membutuhkan nama pengguna dan password agar Anda dapat mengakses bagian dalamnya. Jika saat pertama kali Anda melakukan konfigurasi pada router Anda tidak pernah melakukan perubahan apapun, kemungkinan besar nama penggunanya adalah "admin" dan password-nya adalah "admin" atau "password". Untuk tiap-tiap model router tentu memiliki konfigurasi yang berbeda, jadi Anda perlu mencari informasi login yang tepat melalui internet.

Jika Anda pernah melakukan perubahan informasi login sebelumnya, sudah melupakannya, atau router tersebut adalah pemberian orang lain dan pemilik lama tidak pernah me-reset perangkat tersebut, Anda harus menekan dan menahan tombol Reset di router selama kira-kira 30 detik. Dengan begitu, pengaturan router akan disetel ulang ke default, sehingga Anda dapat masuk dengan menggunakan nama pengguna dan kata sandi default.

(Baca juga: Bingung Cari Paket Wifi Murah untuk di Rumah? GIG by Indosat Solusinya!)

Buka bagian Wireless

Apabila Anda sudah masuk ke router, carilah bagian Wireless di halaman konfigurasi. Nama yang tepat akan berbeda-beda di setiap produsen, akan tetapi biasanya Anda harus mencari tab atau tombol yang betuliskan "Wireless" atau "Wireless Settings/Setup". Jika bagian "Wireless" terdiri dari sejumlah subbagian, buka saja halaman Wireless Security.

Ganti kata sandi

Untuk mengganti password, cari kotak yang bertuliskan "Password", "Shared Key" atau "Passphrase". Selanjutnya Anda bisa memasukkan password baru ke dalam kotak tersebut. Sebagian router akan meminta Anda mengetikkan password sekali lagi dengan tujuan memastikan Anda telah memasukkan kata sandi dengan benar.

Sebaiknya Anda membuat password yang kuat, sulit atau bahkan tidak mungkin ditebak oleh siapapun. Password baru Anda tidak boleh berhubungan dengan sesuatu yang bersifat pribadi, dan harus mengandung sejumlah angka secara bebas, kejadian acak, dan karakter khusus misalnya "#", "!" dan "$". Password yang kuat setidaknya harus terdiri dari 8 karakter.

Simpan pengaturan yang telah diubah

Jika Anda sudah memasukkan password baru, selanjutnya Anda cukup klik tombol Apply atau Save. Masing-masing router menempatkan tombol Apply atau Save di lokasi yang berbeda-beda, tetapi biasanya berada di bagian atas atau bawah halaman. Router membutuhkan waktu beberapa saat untuk melakukan proses terhadap perubahan tersebut. Setelah perubahan berhasil, semua perangkat yang saat ini terhubung akan diputus koneksinya. Jadi, Anda perlu memasukkan ulang password di setiap device yang menggunakan WiFi Anda.

Nah, itulah informasi cara mengganti password WiFi yang perlu Anda ketahui. Cukup mudah, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat!