HP Android Tidak Bisa Mendeteksi Wi-FI? Lakukan Cara Ini!

Wifi sekarang menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Setiap kegiatan selalu membutuhkan supportwifi agar berjalan dengan baik. Namun sayangnya, ada banyak kendala yang sering terjadi ketika bekerja dengan menggunakan wifi. Salah satunya adalah HP yang tidak bisa mendeteksi wifi. Biasanya, masalah HP yang tidak bisa mendeteksi wifi bersumber dari perangkat smartphoneitu sendiri atau router wifi. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Simak langkahnya pada penjelasan berikut.

Hapus jaringan wifi yang tersimpan

Penyebab umum yang banyak terjadi ketika HP tidak bisa mendeteksi wifi adalah karena perangkat tersebut terlalu banyak menyimpan jaringan wifi. Saat kamu menggunakan wifi di tempat umum, secara otomatis sambungan tersebut tersimpan pada perangkat A ndroid kamu. Jika kamu terlalu sering menggunakan wifi umum di berbagai tempat, tentu saja akan banyak sambungan yang tersimpan.

Banyaknya sambungan yang tersimpan di dalam perangkat smartphone menyebabkan jaringan baru yang akan digunakan tidak dapat masuk atau tersimpan. Secara otomatis hp tidak bisa mendeteksi wifi baru yang akan digunakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa hapus dulu semua jaringan yang tidak digunakan. Setelah itu, refresh jaringan wifi dan hp akan mendeteksi wifi baru.  

Reset router wifi

Masalah HP yang tidak bisa mendeteksi wifi terkadang bersumber dari router wireless yang tidak memiliki sambungan stabil. Jika itu adalah wifi milik pribadi di rumah, lakukanreset pada router-nya. Setelah itu, coba kembali sambungkan HP Android ke jaringan wifi. Jika sumber masalah memang pada router wifi, maka setelah proses reset HP akan otomatis mendeteksinya. Namun jika menggunakan wifi umum seperti di restoran atau café, coba tanyakan pada petugas mengapa jaringan tidak terdeteksi. 

Matikan airplane mode

Terkadang, tanpa sadar masalah HP yang tidak bisa mendeteksi wifi adalah karena airplane mode belum dimatikan. Airplane mode pada smartphone akan menghalangi perangkat kamu terhubung ke internet dengan menggunakan jaringan wifi. Oleh sebab itu, pastikan airplane mode di HP-mu sudah mati sebelum menghubungkannya ke jaringan internet. Saat airplane mode sudah dimatikan, tunggu beberapa saat untuk menormalkansmartphone. Baru kemudian nyalakan wifi di handphone dan hubungkan dengan jaringan yang tersedia. 

Ubah setelan gelombang wifi 

Pada beberapa handphoneAndroid, disediakan dua pilihan gelombang wifi; 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Umumnya, wifi yang ada di restoran, café, kantor, dan rumah, disetel pada frekuensi 2.4 GHz. Jika handphone-mu tidak bise mendeteksi dan terhubung ke jaringan wifi, bisa jadi karena setelah gelombang wifinya tidak sama. Oleh sebab itu, kamu harus atur pengaturan gelombang wifi pada frekuensi 2.4 Ghz atau yang lebih amannya diatur pada setelah otomatis. Dengan begitu, wifi yang ada di sekitar bisa terdeteksi oleh HP. 

Reset HP

Bila beberapa cara di atas sudah kamu coba namun tidak berhasil, maka coba untuk reset HP. Terutama jika kamu sudah reset router wifi namun tetap tidak bisa terdeteksi. Terkadang, saat kamu sudah reset router, HP tetap tidak bisa mendeteksi jaringan wifi. Padahal, di perangkat lain wifi tersebut terdeteksi. Jika memang kondisinya demikian, maka reset HP adalah cara ampuh untuk memulihkannya.

 

Masalah HP yang tidak bisa mendeteksi wifi juga kadang disebabkan sinyal jaringan yang tidak stabil sepanjang waktu. Bisa juga provider yang kamu gunakan sering mengalami masalah dan gangguan jaringan. Dengan demikian, sudah pasti HP-mu tidak akan bisa terhubung. Solusinya, kamu harus pilih provider yang bisa menyediakan jaringan lebih luas dan lebih stabil, seperti GIG Indosat Ooredoo. 

GIG Indosaat Ooredoo menawarkan beberapa paket internet yang akan membuatmu terhubung 24 jam penuh ke internet. Coba sekarang juga dan gunakan GIG Indosat Ooredoo sebagai teman browsing-mu. Semoga membantu!