Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berlangganan Internet untuk Rumah

Internet menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan lagi di saat sekarang ini. Berbagai aktivitas dan kebutuhan komunikasi didominasi oleh penggunaan internet. Tak hanya di tempat kerja atau sekolah saja, kebutuhan internet saat ini juga sudah memasuki rumah-rumah. Jangan heran bila saat ini hampir di setiap rumah terpasang layanan paket internet yang bisa membebaskan penggunanya untuk browsing dan chatting. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak bisa sembarangan menggunakan jasa penyedia layanan internet dan memilih paket langganan untuk di rumah. Ada hal yang patut dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan untuk memasang paket internet untuk rumah dariprovider yang terpercaya. Apa sajakah hal-hal penting tersebut? 

Efisiensi penggunaan internet di rumah

Banyak dari pelanggan layanan internet untuk rumah yang menggunakan jasa ini hanya karena ikut-ikutan tetangga atau iming-iming program promo. Biasanya, pelanggan seperti ini adalah tipe yang belum memahami efisiensi penggunaan internet berlangganan untuk di rumah. Mereka belum paham bahwa memasang internet berlangganan di rumah, jika tidak benar-benar dibutuhkan akan menjadi pemborosan belaka. 

Oleh sebab itu, sebelum Anda memasang internet untuk rumah sendiri, pertimbangkan apakah hal tersebut benar dibutuhkan. Apakah internet memang kebutuhan pokok Anda sehari-hari? Apakah dengan berlangganan bisa menghemat pengeluaran biaya langganan internet untuk smartphone? 

Kebutuhan bandwith internet untuk rumah 

Jika Anda berpikir internet untuk rumah memang benar-benar hal yang dibutuhkan, hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah kecepatan internet yang sesuai kebutuhan. Saat ini provider internet menawarkan bandwithinternet mulai dari 20Mbps, 30Mbps, hingga 100Mbps. Sebelum memilih mana bandwith yang sesuai, pertimbangkan berapa orang yang akan menggunakan internet tersebut dan kebutuhan apa yang akan dilakukan.

Tentu saja bandwith untuk satu pengguna dan dua pengguna berbeda. Kebutuhan untuk chattingdengan streamingvideo HD juga beda. Nah, Anda harus pertimbangkan hal ini sebaik mungkin. Jangan sampai mengalami buffering karena kapasitas bandwith kurang dari yang dibutuhkan. Atau malah sebaliknya, melakukan pemborosan karena kapasitas bandwith yang sisa. 

Harga yang ditawarkan oleh provider

Sering kali pelanggan internet untuk rumah melakukan langganan karena tergiur harga murah dan layanan lengkap yang ditawarkan. Padahal, layanan yang ditawarkan oleh provider terkadangtidak semuanya benar Anda butuhkan. Ini justru malah membuat Anda melakukan pemborosan. Oleh sebab itu, sebelum terkena iming-iming harga murah, pertimbangkan layanan dan harga yang ditawarkan oleh sebuah provider. 

Sinyal kuat dan jaringan yang luas  

Kekuatan sinyal tentu berpengaruh besar pada kecepatan internet yang Anda dapatkan. Jika sinyal internet tidak kuat, maka Anda akan sering mengalami buffering. Lakukan pengecekan pada website provider tentang kekuatan sinyal dan jangkauan area layanan internet mereka. Anda tentu tidak ingin kecewa dan rugi setelah pemasangan internet untuk rumah namun daerah tempat tinggal tidak termasuk dalam jangkauan layanan internet tersebut. 

Jangan ragu untuk bertanya pada orang-orang yang sudah terlebih dulu menggunakan layanan internet untuk rumah. Mereka akan jadi reviewer terbaik untuk sebuah provider. Manfaatkan dengan baik feedback mereka pada sebuah provider sebelum membuat keputusan. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan layanan internet untuk rumah dari Indosat Ooredo yang memiliki empat paket; GIG 20, GIG 30, GIG 50, dan GIG 100. Dengan beragam paket GIG Indosat Ooredo Anda bisa bebas update media sosial, streaming film, main game online, upload, download, dan videocall.