Kenapa Wi-Fi Tidak Terdeteksi di Laptop?

Kenapa Wi-Fi Tidak Terdeteksi di Laptop?

Memiliki berbagai macam gadget pada saat ini menjadi satu kewajiban tersendiri. Tidak hanya sebatas smartphone saja, gadget lainnya seperti laptop juga diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. 

Saat ini, berbagai produsen laptop terus memberikan teknologi terbaik agar bisa semakin memudahkan konsumen, termasuk kamu, untuk menggunakan laptop. Dari laptop seharga jutaan hingga puluhan juta tersedia di pasar tanpa pernah kehilangan peminatnya. 

Di dalam laptop sendiri sudah pasti tersedia Wi-Fi untuk menyambungkan internet. Namun sayangnya, terkadang ada saja masalah Wi-Fi tidak terdeteksi di laptop. Tentu saja hal ini pastinya sangat mengganggu aktivitas kamu. Apalagi apa gunanya laptop jika Wi-Fi di dalamnya tidak bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya. 

Sebenarnya ada beberapa alasan penyebab Wi-Fi tidak terdeteksi di laptop. Apa saja alasannya? Berikut penjelasannya.

  • Jaringan internet bermasalah

Penyebab pertama dari Wi-Fi tidak terdeteksi di laptop adalah adanya masalah di dalam jaringan internet yang kamu gunakan. Tentu saja alasan ini menjadi yang utama dikarenakan pada suatu waktu, ada saja masalah yang muncul dan cukup mengganggu aktivitas kamu.

Pada jangka waktu tertentu, biasanya provider internet memang akan mengalami masalah atau sedang melakukan maintenance jaringan. Mau tidak mau, jaringan internet harus dimatikan terlebih dahulu. Jika sudah terkena masalah ini, kamu hanya bisa menunggu saja sambil berharap jaringan internet bisa kembali normal.

  • Mode Airplane menyala

Di dalam laptop dengan teknologi masa kini, cukup banyak produsen yang menambahkan teknologi yang lebih dahulu digunakan di smartphone yaitu mode Airplane. Biasanya penambahan mode ini khusus dipakai ketika berada di pesawat terbang. 

Sayangnya terkadang ada saja masa di mana kamu sudah menyalakan mode Airplanetetapi tidak dimatikan setelah menggunakannya. Padahal ketika mode ini menyala, maka laptop kamu tidak bisa tersambung ke jaringan Wi-Fi. Untungnya cara mengatasinya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mematikan saja mode Airplane.

  • Ada masalah di driver

Penyebab lainnya dari Wi-Fi tidak terdeteksi di laptop adalah munculnya masalah di bagian driver. Driver di dalam laptop adalah sebuah software atau sistem yang berguna untuk mengendalikan hardware yang cukup banyak. Namun masalah bisa muncul ketika driver mengalami masalah. Tidak bisa terkoneksi ke dalam jaringan internet adalah salah satu efek yang muncul ketika hal itu terjadi.

Untungnya masalah ini bisa dengan mudah diatasi. Biasanya ketika kamu membeli laptop, maka akan diberikan CD yang berisi driver yang dimaksud. Kamu hanya perlu melakukan install ulang driver tersebut. Jika tidak menemukan CD tersebut, maka kamu tinggal mengunduh driver melalui internet yang menggunakan kabel LAN.

  • Laptop terserang virus

Masalah Wi-Fi tidak terdeteksi di laptop memang pasti bisa membuat kamu kesal. Namun penyebab yang paling mengganggu adalah laptop yang terserang virus. Ya, laptop yang kamu gunakan untuk internetan setiap harinya bisa dengan mudah terserang virus jika tidak diberikan perlindungan seperti antivirus. 

Laptop yang terkena virus bisa mengalami berbagai macam masalah, termasuk Wi-Fi yang tidak terdeteksi di laptop. Saat ini ada berbagai macam produk antivirus sudah tersedia di pasaran. Dari yang gratis hingga berbayar. Memang pada dasarnya, kamu wajib untuk memasang antivirus agar tidak mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini.

Itulah beberapa penyebab Wi-Fi tidak terdeteksi di laptop. Memang lebih dianjurkan untuk merawat laptop yang dimiliki sebaik-baiknya agar bisa terus digunakan tanpa ada masalah seperti di atas ini.