Ketahui Cara Menggunakan Wifi Agar Koneksi Lebih Cepat

Koneksi wifi lemot tentu membuat Anda kesal. Terlebih wifi lemot di saat yang tepat. Rasa kesal Anda tentu saja tambah memuncak. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara menggunakan wifi supaya koneksinya tidak lambat. Mari simak caranya di bawah ini!

Pilih tempat yang tepat agar sinyal wifi kuat 

Koneksi yang lambat bisa jadi karena Anda salah cara menggunakan wifi atau menempatkan perlengkapannya. Tiap kali menggunakan koneksi wifi, pastikan komputer atau laptop mendapat sinyal yang optimal. Lokasi penempatan komputer dan wifiadalah salah satu aspek yang mempercepat koneksi. 

Pastikan Anda memperhatikan hal-hal ini agar sinyal wifi selalu stabil:

  • hindari menempatkan router wifi di tempat yang terhalang besi atau tembok
  • gunakanrepeater yang bisa menangkap sinyal wifi dan memancarkannya kembali. Cara ini bisa mempercepat koneksi Anda. pastikan untuk meletakkannya di area yang minim sinyal wifi
  • jauhkan perangkat yang memakai bluetooth ataumicrowavekarena dua hal ini bisa mengganggu kinerja sinyal wifi. 

Periksa antena router

Antena router wifi memiliki fungsi penting untuk memancarkan sinyal wifi pada perangkat komputer yang ada di sekitarnya. Jika saat bekerja sinyal wifi tiba-tiba lemot, maka periksalah posisi antena router ini. Bisa jadi antena bergeser dan tidak berada dalam posisi yang tegak. Antena yang ada dalam posisi jatuh tentu saja tidak bisa memancarkan sinyal secara maksimal.

Pilih wifi dengan sedikit pengguna

Banyaknya pengguna yang berada dalam satu saluran internet wifi akan memengaruhi kecepatannya. Hal ini sering terjadi apabila Anda bekerja dan menggunakan wifi dengan banyak pengguna, misalnya saja wifi kantor, kafe, atau restoran. Semakin banyak penggunanya, semakin bertambah lambat kecepatannya karena bandwith-nya terbagi.

Ada dua cara menggunakan wifi ketika hal ini terjadi. Yang pertama berpindah ke tempat yang lebih sepi agar sinyal yang didapat lebih maksimal. Yang kedua adalah menggunakan wifi dengan sedikit pengguna agar bandwith bisa Anda gunakan secara maksimal. 

Menggunakan aplikasi wifi switcher

Aplikasi wifi switcherbisa Anda unduh gratis di Google Play Store. Aplikasi ini fungsinya adalah untuk mempercepat koneksi wifi. Pilih aplikasi wifi switcher dari developer yang terpercaya dan rating bagus. Setelah mengunduh, akan muncul sebuah notifikasi yang meminta akses izin pada Anda. Klik “Izinkan” agar aplikasi ini bisa bekerja pada smartphone

Meningkatkan IRPStackSize 

Cara menggunakan wifi agar koneksinya selalu cepat adalah dengan meningkatkan IRPStackSize-nya. Tidak banyak yang tahu soal ini karena memang sedikit saja yang melakukan. Secara default,IRPStackSize diatur pada angka 15. Padahal angka ini bisa ditingkatkan hingga 50. Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatur IRPStackSize:

  • Klik Start àRun àketik Regedit 
  • Klik HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters
  • Klik kanan pada file DWORD bernama IRPStackSize àklik Modify àubah jadi 50
  • Jikafile tidak ditemukan maka buat baru dengan cara klik kanan àNew àDWORD Value àIRPStackSize àvalue 50
  • Klik OK àtutup Registry Editoràrestart komputer

Pilih provider yang terpercaya

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar kecepatan wifi selalu stabil adalah memilih layanan internet dari provider yang terpercaya. Pilihlah provider dengan track record bagus pada pelayanannya. Provider terpercaya akan jarang sekali mengalami gangguan dan memiliki koneksi internet yang stabil. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan layanan internet dari GIG Indosat Ooredoo yang menawarkan empat paket; GIG 20, GIG 30, GIG 50, dan GIG 100. Layanan internet dari Indosat Ooredoo sudah menjangkau banyak pelanggan dan memberikan kemudahan dalam akses media sosial, video conference, berkirim e-mail, hingga bermain game online. Coba layanan paket internet Indosat Ooredoo sekarang juga dan nikmati kelancaran dalam browsing! Semoga tips cara menggunakan wifi ini bermanfaat untuk Anda!