Lakukan 5 Hal Ini Kalau HP Cepat Panas Saat Internetan

Main HP sudah menjadi aktivitas favorit yang dilakukan banyak orang saat sedang beristirahat. Bersantai di atas kasur, scrolling media sosial di HP, dengan kecepatan internet yang tinggi karena menggunakan GIG by Indosat Ooredoo, tentunya sangat nikmat untuk dilakukan. Wajar kalau banyak orang merasa terganggu apabila HP cepat panas saat internetan. Jangan langsung merasa emosi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP cepat panas saat internetan.

Cari Tahu Kenapa Hp Cepat Panas Saat Internetan Dibawah Ini

Cek penggunaan Wi-Fi

Coba cek jaringan koneksi internet HP kamu. Agar bisa internetan dengan lancar, kamu membutuhkan sinyal yang kuat pula. Nah, saat sinyal yang ada justru melemah, HP kamu pun harus bekerja ekstrs untuk mencari sinyal yang dibutuhkan. Akibatnya, HP cepat panas saat internetan, deh. Sebaiknya, sambungkan saja HP kamu ke jaringan Wi-Fi agar koneksi internet lebih lancar dan beban kerja HP pun berkurang. Kamu juga jadi bisa menghemat kuota internet,kan

Tutup aplikasi yang tidak kamu pakai

Saat membeli HP dulu, kemungkinan kamu mempertimbangkan kemampuan multi-tasking HP, yang memungkinkan kamu untuk menjalankan beberapa fungsi atau membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Di satu sisi, fitur ini memang sangat membantu, tapi di sisi lain bisa membuat HP cepat panas saat internetan.

Hal ini bisa terjadi karena ada banyak aplikasi aktif yang kamu buka secara bersamaan. Belum lagi aplikasi background yang tetap berjalan. Oleh sebab itu, coba tutup aplikasi-aplikasi yang tidak kamu pakai. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi bernama Hibernaor untuk mengurangi multi-tasking.

Sesuaikan ulang pengaturan HP

Apabila HP cepat panas saat internetan, bisa jadi ini karena pengaturan HP kamu yang kurang optimal. Pasalnya, ada beberapa pengaturan HP yang berpotensi membuat perangkat HP jadi cepat panas tanpa kamu sadari. Beberapa hal yang wajib kamu perhatikan terkait pengaturan HP adalah pemasangan widget yang terlalu banyak, tingkat kecerahan layat yang mungkin terlalu terang, dan pemakaian live wallpaper yang bisa membuat pemakaian baterai jadi boros.

Hapus file yang sudah tidak terpakai

Selama menggunakan HP, pasti ada begitu banyak file dan data yang tersimpan. Bukan hanya file yang kamu simpan secara sengaja seperti foto atau video, tapi juga cache hingga cookies. Nah,file-file seperti ini, apabila dibiarkan terus hingga menumpuk, dapat menjadi penyebab HP cepat panas.

Karenanya, kamu disarankan untuk rutin menghapusfile yang sudah tidak terpakai, cache, dan cookies yang sudah tidak diperlukan. Nah, agar tidak bingung dan repot saat menghapus hal-hal tersebut, kamu bisa menggunakan software khusus. Salah satu yang direkomendasikan adalah Clean Master.

Update aplikasi dan software

Tanpa disadari, beberapa aplikasi dalam HP kamu pasti ada yang memiliki bug. Inilah yang bisa menyebabkan HP cepat panas saat internetan mengingat penggunaan prosesor kurang optimal. Itulah kenapa sebaiknya kamu rajin melakukan update aplikasiDalam suatu update, biasanya pihak developer memperbaiki bug yang ada pada aplikasi. Jangan lupa juga update software atau sistem operasi HP untuk semakin meminimalisir adanya bug.

HP cepat panas saat internetan memang cukup mengganggu. Kabar baiknya, kamu bisa melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi masalah tersebut. Selamat mencoba dan semoga setelah ini HP kamu tidak cepat panas saat digunakan untuk internetan!