Berbagai jenis pekerjaan saat ini tidak bisa lepas dari WiFi. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila laptop perlu selalu terhubung ke WiFi. Jika laptop sudah terhubung ke WiFi, Anda bisa dengan mudah melakukan berbagai tugas dan pekerjaan. Cara menyambungkan WiFi ke laptop pun cukup sederhana. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Pastikan WiFi pada laptop sudah on (hidup)

Untuk menghubungkan WiFi ke laptop, Anda perlu memastikan WiFi pada laptop Anda sudah on. Biasanya, WiFi pada laptop dapat on/off. Jadi, Anda perlu menghidupkan WiFi pada laptop terlebih dahulu. Selama laptop Anda memiliki fasilitas WiFi, menghidupkan dan mematikan WiFi pada laptop sangatlah mudah. Kecuali bila Anda menggunakan laptop keluaran lama – yang tidak menyediakan fasilitas WiFi, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk membeli laptop baru yang menyediakan fasilitas WiFi untuk menyambungkan laptop ke WiFi.

Umumnya, sebagian besar laptop dilengkapi dengan tombol khusus WiFi untuk menghidupkan dan mematikan WiFi di laptop. Apabila WiFi pada laptop Anda belum hidup, cari tombol WiFi tersebt untuk menghidupkannya. Sebagian laptop juga memiliki lampu indikator WiFi yang akan menyala saat WiFi laptop sudah on. Jadi, Anda dapat mengecek kondisi WiFi berdasarkan nyala lampu indikator WiFi tersebut. Bila sudah on, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

(Baca juga: Pasang Wifi di Rumah Tanpa Telepon Rumah dengan Gig)

Buat laptop terkoneksi ke WiFi

Setelah Anda memastikan WiFi pada laptop sudah menyala, selanjutnya Anda bisa membuat laptop terkoneksi ke WiFi yang diinginkan. Cara menyambungkan laptop ke WiFi juga cukup mudah, yaitu:

  • Di ujung kanan Taks Bar biasanya terdapat ikon WiFi, klik ikon tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul jendela wireless.
  • Apabila laptop Anda belum terhubung ke WiFi, maka di atas ikon wireless yang bertuliskan Connection are available akan muncul tulisan Not Connected.
  • Untuk menyambungkan laptop ke WiFi, Anda bisa memilih hospot yang tersedia di sekitar Anda (yang terjangkau oleh WiFi laptop) di bawah ikon wireless.
  • Klik hotspot yang Anda inginkan untuk disambungkan ke WiFi laptop.
  • Akan muncul opsi Connect, klik opsi tersebut.
  • Apabila WiFi memerlukan password, kotak dialog Security Key akan muncul.
  • Masukkan password WiFi pada kolom yang tersedia (bila Anda menggunakan WiFi di ruang publik seperti restoran atau café, Anda bisa meminta password kepada pelayan).
  • Setelah memasukkan password yang benar, klik OK.
  • Tunggu beberapa saat, laptop Anda pun akan segera terkoneksi ke jaringan WiFi tersebut.

Masalah WiFi

Apabila laptop Anda masih belum bisa tersambung ke WiFI, mungkin driver network Anda bermasalah. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk melakukan analisa:

  • Klik kanan pada My Computer/This PC (untuk versi windows 8)
  • Lalu Klik Manage tidak bisa connect WiFi.
  • Selanjutnya klik Device Manager
  • Klik network adapters untuk melakukan sambungan.

Setelah melakukan sejumlah langkah di atas, laptop Anda pasti dapat terkoneksi ke WiFi secara normal dan lancar. Apabila laptop Anda masih mengalami masalah untuk tersambung ke WiFi, Anda bisa mengunjungi service center terdekat untuk memperbaiki laptop yang mungkin menjadi masalah utama mengapa laptop Anda tidak bisa terhubung ke WiFi.

Nah, itulah cara menyambungkan WiFi ke laptop yang perlu Anda ketahui. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, Anda bisa menghubungkan WiFi ke laptop dan menggunakan koneksi internet untuk melakukan berbagai hal yang perlu Anda lakukan. Semoga informasi di atas bermanfaat!