Pengertian Bandwidth Sekaligus Fungsinya

Pengertian Bandwidth Sekaligus Fungsinya

Siapa yang saat ini tidak pernah menggunakan internet? Pastinya bersentuhan dengan internet setiap hari menjadi suatu keharusan. Namun sebenarnya dunia internet tidak hanya sekadar diisi oleh berbagai informasi yang terdapat di dalamnya karena pada dasarnya, ada berbagai macam teknologi yang digunakan untuk internet sehingga kamu bisa surfing ria sepanjang hari dengan mudah dan cepat. Istilah seperti Wi-Fi, kuota hingga bandwidth pastinya sering kamu dengar. Namun untuk kata terakhir, apakah kamu tahu artinya?

Secara singkat, bandwidth adalah jumlah transfer data yang dihitung berdasarkan satuan waktu yaitu bit per second (bps). Jika bandwidth tidak ada di dalam internet yang kamu gunakan, maka sudah bisa dipastikan kamu tidak akan masuk ke dunia maya. 

Namun sayangnya, banyak orang yang tidak mengetahui apa fungsi bandwidth yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan ketika kamu mencari provider internet yang ingin digunakan, maka kamu akan berfokus kepada kuota yang disediakan – bisa unlimited hingga dihitung hingga puluhan gigabyte– dan juga kecepatan yang ditawarkan. Padahal kecepatan yang dimaksud di dalam setiap paket internet adalah bandwidth itu sendiri.

Jika mau diibaratkan, bandwidth adalah lebar dari sebuah jalan raya, sedangkan data yang terdapat di dalamnya adalah kendaraan yang melewati jalan raya. Semakin banyak kendaraan yang melewatinya, maka akan terjadi kemacetan, berlaku juga untuk sebaliknya. Dengan demikian, semakin banyak atau besar data yang diminta oleh halaman website yang sedang kamu buka, maka internet yang kamu akan menjadi lemot, kecuali memang bandwidth yang kamu gunakan cukup besar. Masalah lambatnya internet tidak akan kamu alami.

Selain itu, ada berbagai macam fungsi bandwidth yang sebenarnya kamu rasakan, tapi tidak kamu sadari sebelumnya.

  • Mengatur ukuran transfer data

Sebesar apapun bandwidth yang dimiliki, tetap saja dibutuhkan pengaturan ukuran transfer data yang terjadi di dalamnya. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kualitas kecepatan internet yang kamu gunakan. Dan itulah fungsi adanya bandwidth. 

Dengan adanya bandwidth, maka kamu tidak akan mengalami internet terputus di tengah-tengah penggunaan karena sudah pasti diatur dari awal.

  • Menjadi ukuran pengiriman data

Fungsi bandwith yang kedua adalah menjadi ukuran pengiriman data. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bandwidth sering diibaratkan sebagai lebar dari jalan raya. Hal inilah yang membuat bandwidth bisa memberikan ukuran tepat dari pengiriman data yang terjadi di dalam suatu jaringan.

Fungsi ini juga yang membuat kamu bisa memilih seberapa besar kecepatan yang ingin digunakan. Semakin besar kecepatan internet yang kamu gunakan, maka internet kamu akan lebih cepat tanpa harus memikirkan besaran data yang ada di dalamnya.

  • Membagi kecepatan internet untuk seluruh pengguna

Fungsi lainnya dari bandwidth adalah membagi kecepatan internet untuk seluruh pengguna. Tentu saja fungsi ini sangatlah penting karena jika tidak adanya bandwidth, maka akan ada pengguna internet yang tidak mendapatkan kecepatan yang semestinya. 

Bandwidth bisa membuat kecepatan yang ada di dalam jaringan internet tersebut dibagikan secara adil kepada para pengguna. Masalah lain seperti rebutan bandwidth pun tidak akan terjadi. Biasanya kasus ini paling sering terjadi ketika ada pengguna yang sedang mengunduh file dengan size besar. Hal ini membuat pengguna internetnya mendapatkan jaringan yang lambat. Untungnya bandwidth saat ini bisa membuat kecepatan unduh tetap harus adil tanpa memakan data yang cukup besar hanya untuk satu pengguna saja.

 

Itulah pengertian bandwidth sekaligus fungsinya yang cukup krusial untuk aktivitas kamu menggunakan internet setiap harinya. Semoga informasi di atas bermanfaat!