Serba-serbi Modem Internet yang Perlu Diketahui

Istilah modem memang sudah sangat familiar di telinga. Tapi, masalah pengertian modem, fungsi, dan cara kerjanya, mungkin tidak banyak yang tahu. Kebanyakan hanya memandang modem sebagai perangkat yang bisa menghubungkan smartphone atau laptop ke internet. Sudah itu saja. Masalah bagaimananya, tidak banyak yang paham.

Yuk, ketahui modem dan cara kerjanya lebih lanjut!


Pengertian modem

Sebagian orang mungkin sudah tahu bahwa modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Namun, kalau ditanya masalah perbedaan keduanya, masih banyak yang bingung bagaimana menjelaskannya.

Modulator adalah rangkaian yang berfungsi untuk melakukan proses modulasi atau menumpangkan data pada frekuensi atau gelombang pembawa ke sinyal informasi supaya bisa dikirimkan ke penerima. Sedangkan demodulator adalah proses mendapatkan kembali data dari sinyal yang diterima dari pengirim.


Cara kerja modem

Mulanya, data dari komputer yang berbentuk digital diubah oleh modem menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan ke media telekomunikasi lain seperti telepon dan radio. Saat data analog tadi sampai ke komputer tujuan. Maka modem yang ada pada komputer tujuan, mengubahnya menjadi sinyal digital kembali supaya bisa diproses.


Fungsi modem

Tak banyak yang tahu kalau fungsi modem tidak sesederhana menyambungkan komputer atau laptop ke internet. Fungsi modem yang tidak diketahui adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan sebaliknya terlebih dahulu ketika proses pengiriman data. Proses pengubahan sinyal digital ke analog, dan sebaliknya, dinamakan modulasi dan demodulasi. Jadi, untuk bisa tersambung ke internet, modem melakukan pengubahan sinyal pada komputer.

Modem juga berfungsi untuk melakukan komunikasi dan pemeriksaan paket data. Inilah yang kemudian membuat penggunanya bisa mengakses internet. Di dalam proses komunikasi yang dijembatani oleh modem, perangkat ini juga meng-compress data yang dikirim melalui sinyal.

 

(Baca juga: 4 Cara Mengatasi Wifi Limited Pada Komputer Dengan Mudah)

 

Jenis modem

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa modem tidak hanya GSM dan CDMA yang dihubungkan langsung ke laptop. Ada juga modem kabel, ISDN, ADSL, dan analog. Berikut pengertian masing-masing jenis modem:

  • Modem kabel: modem yang dapat menerima langsung data dari penyedia layanan lewat TV kabel
  • Modem ISDN: Integrated Services Digital Network (ISDN) merupakan cara komunikasi yang memiliki layanan data, suara, dan gambar yang terintegrasi dengan jaringan yang lebih luas untuk konektivitas yang mencakup ruang lingkup lebih besar. Penggunaan modem ISDN lebih hemat biaya karena sistem integrasinya sifatnya terpisah.
  • ­Modem ADSL: Asymetric Digital Subscribe Line (ADSL) memungkinkan mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersamaan. Modem ADSL dilengkapi dengan splitter yang menghilangkan gangguan saat pemakaian modem. Splitter inilah yang memungkinkan pengguna mengakses internet dan menggunakan telepon dalam waktu yang sama.
  • Model analog: modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  • Modem GSM: modem ini menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer data. Modem ini dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi asalkan provider-nya bersifat GSM.
  • Modem CDMA: modem ini menggunakan frekuensi EVDO REV-A yang setara dengan 3G. Yang terbaru sudah ada EVDO REV-B dengan kecepatan jaringan yang lebih tinggi.

Bagaimana? Apakah informasi tentang pengertian modem dan cara kerjanya bermanfaat? Untuk akses internet cepat tanpa batas dan kenyamanan main game online di smartphone, kamu selalu bisa gunakan GIG dari Indosat. Jangan lupa ya!