Tips Memilih Penyedia Layanan Internet Terbaik di Indonesia

Semakin bertambahnya penyedia layanan internet di Indonesia tentu saja membuat Anda bingung ingin memilih yang mana. Perlu diketahui, setiap penyedia jasa layanan internet memiliki kualitas yang berbeda dari segi kecepatan dan pelayanan. Anda sebagai pengguna tentu menginginkan yang terbaik, bukan? Oleh karena itu, mari simak tips memilih jasa layanan internet terbaik Indonesia untuk Anda! 

Ketahui dulu tentang bandwith internet 

Bandwith adalah istilah yang digunakan oleh penyedia layanan internet untuk menunjukkan kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh layanan internet mereka. Satuanya ada bits per second (bps). Bandwith selanjutnya lebih dikenal dengan angka dan satuan seperti 20 Mbps, 20 Mbps, 50 Mbps, dan 100 Mbps. Angka-angka tersebut menunjukkan kecepatan internet yang bisa Anda nikmati untuk chatting, browsing, download, upload, dan lainnya. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa angka yang disebutkan tadi adalah kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh internet. Kecepatan tersebut tidak bisa Anda nikmati setiap saat karena beberapa hal seperti banyaknya pengguna di saluran internet yang sama, wilayah urban padat, dan area yang terpencil. Sehingga kecepatan 20 Mbps tidak bisa Anda nikmati setiap saat. Oleh sebab itu, providerinternet selalu mencamtukan kecepatan “up to” atau “hingga” pada layanan internet mereka karena memang kecepatan layanan internet tidak bisa diprediksi. 

Menentukan bandwith internet yang sesuai dengan kebutuhan 

Perlu Anda tahu bahwa menentukan layanan internet terbaik di Indonesia tidak melulu memilih provider yang menyediakan bandwithberkecepatan tinggi. Anda bisa memilih providerdengan bandwith yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Sebagai patokan, berikut perkiraan berapa bandwith yang Anda butuhkan dari penyedia layanan internet untuk memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari:

Jumlah pengguna

Fungsi dasar (browsing,email, menonton video, telepon, dan radio)

Fungsi dasar dan satu fungsi berat (game online, menonton video HD, dan video conference)

Fungsi dasar dan banyak fungsi berat

Satu orang

3 – 8 Mbps

3 – 8 Mbps

12-25 Mbps

Dua orang

3 – 8 Mbps

12-25 Mbps

>25 Mbps

Tiga orang

12-25 Mbps

12-25 Mbps

>25 Mbps

Empat orang

  1. Gbps

>25 Mbps

>25 Mbps

 

Penting untuk Anda ketahui juga bahwa kecepatan internet bisa dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti jumlah pengguna dan aktivitas yang sedang dilakukan dengan internet seperti pada tabel di atas. Jika internet dengan kecepatan maksimal up to 20 Mbps Anda gunakan untuk fungsi dasar dan fungsi berat, bahkan untuk dua orang saja, tentu hal tersebut tidak akan mencukupi. Anda akan mengalami kendala seperti buffering, karena kecepatan up to 20 Mbps tidak selalu bisa maksimal mencapai angka tersebut. 

Lalu, apakah Anda harus memilih bandwith internet dengan kecepatan paling tinggi supaya tidak mengalami kendala buffering? Tidak juga, karena hal tersebut adalah sebuah pemborosan. Pilih saja bandwith internet yang lebih tinggi sedikit dari kebutuhan Anda. 

 Pilih penyedia jasa layanan internet yang menyediakan bandwith sesuai dengan kebutuhan kamu 

Hal terakhir yang harus Anda lakukan setelah mengetahui bandwith dan kecepatan internet yang dibutuhkan, adalah memilih provider. Saat ini ada banyak sekali provider internet yang bisa Anda pilih, termasuk Indosat Ooredo GIG dengan 4 pilihan paket internet; GIG 20, GIG 30, GIG 50, dan GIG 100. Masing-masing paket ini akan memenuhi kebutuhan internet harian Anda. 

Pilih dan sesuaikan bandwith Indosat Ooredo GIG sesuai dengan yang Anda butuhkan. Gunakan tabel di atas sebagai patokan. Jika Anda tidak yakin harus memilih paket GIG yang mana, jangan ragu untuk cari tahu dan konsultasi pada tim Indosat Ooredo GIG. Ada penawaran menarik gratis pemasangan dan gratis peminjaman perangkat untuk Anda yang join GIG sekarang juga!